Pages

Banner Jalan

 

Rabu, 23 Mei 2012

Cara Membuat Tabel di Postingan Blog Dengan Menggunakan Google Dokumen

0 komentar
Selamat siang agan-agan semua... Sehatkah? Mudah-mudahan selalu dalam keadaan yang sehat wal afiat ya... Saya mau share Cara Membuat Tabel di postingan Blog dengan Menggunakan Google Dokumen, yang sudah lama bergelut di bidang blogger pasti sudah pada tahu cara membuat Tabel di Blog, tapi yang banyak di share orang-orang cara membuat Tabel di Blog itu menggunakan bahasa HTML yang saya sendiri bahasa HTML itu lumayan pusing apalagi para Blogger baru, saya sendiripun Blogger Newbie sih.....

Disini saya akan membuat tabel dengan memanfaatkan Google Dokumen, Cara Membuat Tabel di Google Dokumen ini hampir sama persis dengan Membuat Tabel di Microsoft Excel yang berupa spreadsheet. Kelebihannya adalah tabel ini online dan bisa disisipkan di Blog maupun di situs Web.

Beberapa kelebihan dari cara membuat tabel dengan Google Dokumen diantaranya:
1. Tidak perlu memahami bahasa HTML yaitu kode (“<table>, <td>, <tr>”) dan sebagainya.
2. Tampilan tabel seperti Spreadsheet Excel, dan bisa terdiri dari beberapa Sheet.
3. Luas tabel (terutama lebar) tidak dibatasi oleh lebar halaman blog.
4. Data dalam tabel tidak bisa di bajak (copas).
5. Mudah di edit langsung di Google Dokumen.
6. Lebar dan panjang baris maupun kolom mudah diatur, tanpa kode HTML (“width, height, dll”)
7. Jumlah baris dan kolom bisa diatur yang ingin ditampilkan dan yang tidak ingin ditampilkan

Dan kekurangan cara membuat tabel dengan Google Dokumen yaitu, tidak bisa menyisipkan link.

Langsung saja ke langkah Cara Membuat Tabel di Postingan Blog Menggunakan Google Dokumen yaitu sebagai berikut:

1. Login ke Google Dokumen
Membuat Tabel di Blog Dengan Google Dokumen

Kita harus mempunyai akun Google terlebih dahulu, yang belum mempunyai akun Google silahkan klik Disini.

2. Klik “Buat” dan pilih “Spreadsheet“
Membuat Tabel di Blog Dengan Google Dokumen

3. Isi data tabel dan percantik seperti yang biasa kita buat di Spreadsheet Excel.
Cara Membuat Tabel di Postingan Blog Menggunakan Google Dokumen

4. Disini pekerjaan kita akan tersimpan secara otomatis, beri nama dokumen yang sedang kita buat ini. Klik "File" kemudian Klik "Ganti Nama".
Cara Membuat Tabel di Postingan Blog Menggunakan Google Dokumen

5. Jika dokumen yang kita buat sudah selesai, Klik “File” dan pilih “Publikasikan ke Web“

6. Contreng “Diterbitkan ulang secara otomatis saat perubahan dibuat“ kemudain Klik “Mulai Meneribitkan”.
epuljapanese, JAPANESE PULSA, Cara Membuat Tabel di Postingan Blog Menggunakan Google Dokumen

7. Kemudian pilih “HTML yang akan disematkan pada satu laman”
epuljapanese, JAPANESE PULSA, Cara Membuat Tabel di Postingan Blog Menggunakan Google Dokumen

Copy kode tabel untuk nantinya di paste di Postingan Blog kita.

8. Pastekan pada Postingan Blog kita kode yang tadi di copy, kemudian pada kode tersebut kita bisa atur lebar dan panjang tabel pada bagian width dan height sesuai dengan lebar halaman blog. Kelebihan panjang maupun lebar tabel akan ditampilkan dalam bentuk scroll (layar gulung).

Contoh hasil membuat tabel dengan Google Dokumen tadi adalah seperti dibawah:
Anda baru saja telah membaca artikel di EpulJapanese Blog yang berjudul: 

0 komentar:

Posting Komentar